Minggu, 09 September 2018

Baca Buku Gratis? Bisa banget pake IJAK!

Bookshelf (pinterest.com)

Hi, fellas!
I hope you guys always have a good health and iman.
Good news for you, bookworm! You can read all day long with various books you want, from Fiction to Non-fiction, Teenlit, Metropop, Chicklit, Self-Help, Philosophy, Religious book and so on!
The major problems yang seringkali aku hadapi (as a bookworm) adalah ke"mager"an buat ke toko buku (sometimes I don't have much time to do) dan keterbatasan dana untuk menambah koleksi :') (ikr). Kendala tersebut seringkali membuatku jauh dari buku dan beralih ke Youtube dan sosmed-sosmed lainnya, sampe ketergantungan dan makin menurunkan kapasitas otak ini dalam berpikir. Seriously, ketergantungan sosial media bisa membuat otak lemot dan menimbulkan kebiasaan buruk lain kayak procrastinating, gak peduli lingkungan sekitar, bahkan berpengaruh ke kondisi kejiwaan lho. Walaupun semakin hari kehidupan semakin dijejali dengan teknologi yang berkembang pesat, we have to choose everything wisely. Serap manfaat sebanyak-banyaknya dari informasi yang begitu luas di dunia ini, develop yourself and reach your personal excellence. Don't let it take over you.
Kabar baik buat bookworm yang memiliki kesamaan keterbatasan kayak aku, ada aplikasi yang dirilis tahun 2015 dan disupport oleh Aksaramaya, yang memungkinkan kamu untuk membaca buku gratis kayak pinjam di perpustakaan! Kalo di perpustakaan sih kita harus rajin ke perpus dan meminjam beberapa buku lalu mengisi data dan harus mengembalikannya tepat pada batas waktu peminjaman (lumayan ribet bolak balik perpusnya kan). Nah, aplikasi yang menyediakan ribuan buku gratis setiap harinya ini bisa diakses melalui Android, iOS dan PC. Accessible banget, bukan? Nama aplikasinya adalah iJakarta ato biasa disebut dengan IJAK, dimana tujuan mulia dari dikembangkannya aplikasi ini adalah untuk meningkatkan minat baca setiap orang, seperti slogannya yang berbunyi "Your participation is helping us to increase public reading interest".

Tampilan awal iJak

Jadi, aplikasi iJakarta ini adalah perpustakaan berbasis digital yang dapat diakses pengguna manapun tanpa berbayar alias gratis. Layaknya perpustakaan, kita sebagai pengguna dapat membaca buku dengan cara meminjam (loan) maksimal 3 buku per hari Pada hari ke-3, buku yang kita pinjam otomatis hilang dari bookshelf kita (dikembalikan). Kalau ingin meminjam lagi, kita harus mencari lagi buku yang ingin kita pinjam di "search" tool pada aplikasi tersebut. Sayangnya, history pencarian yang pernah kita ketik tidak tersimpan secara otomatis sehingga kita harus mengetik ulang keyword yang pernah kita cari sebelumnya. Namun, jika kamu ingin meminjam kembali buku yang belum selesai dibaca (dan pernah kamu pinjam di iJak) dengan cara yang simple, kamu bisa klik profilmu sendiri di menu sebelah kiri tampilan kemudian klik di bagian history.


Beberapa koleksi buku pengetahuan. Soal-soal latihan CPNS dan BUMN juga ada lho!




Kalau ini, beberapa di antara koleksi novel yang bisa kita pinjam di iJak


Langsung aja didownload ya gaes! Kapan lagi bisa baca buku sepuasnya dan legal?

The School of Good and Evil
Here are the screenshots, enjoy!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar